01 January 2014

Merencanakan Liburan Anti Bokek



Bagian paling menyenangkan sebelum melakukan perjalanan (liburan) adalah merencanakan perjalanan itu sendiri. Mulai dari cari tiket muraaaaahhh semurah-murahnya. Sambil nunggu promo tiket, boleh lah tengok-tengok dulu berapa sih harga hotel di kota tujuan? Trus kira-kira mau kemana aja, naik apa transportasinya selama di kota tujuan. Sebenernya itu semua perlu, untuk menyusun budget. Sejak sudah ada anak (yang sekarang umur 2 tahun 2 bulan), kami memang sudah nggak bisa lagi pergi yang spontan-spontan (ada promo langsung beli), jam penerbangan yang pagi banget ato malemmm bangett pulangnya, hotel yang seadanya cuma buat mandi dan tidur doank, di kota tujuan muter-muter cuma jalan kaki atau ngangkot, makan dimana aja yg kira-kira menarik dan rame langsung mampir.
No way!
Itu nggak mungkin lah ya.. setidaknya sampai kira-kira anak umur..humm berapa ya? Tergantung anaknya juga sih. Soalnya susah juga yaa..kalo anaknya udah masuk usia sekolah yang serius (SD dan seterusnya), kan nggak mungkin juga spontan diajak pergi. Bolos sekolah donkk? Oh noooo.. waktu gue tinggal 4 tahunan lagi untuk bisa bebas liburan ajak anak! Apa home schooling aja kamu Flo.. wkwkwkw.. Nah lohh jadi kemana-mana gini..

Back to topic.

Caranya biar bisa liburan enak :
1.       Jangan pergi pas peak season
Kenapa? Transportasi akan lebih mahal..begitu juga hotel.. begitu juga harga2 di tempat wisata, pasti akan aji mumpung. Tapi kalo nggak bisa selain peak season (karena anak sudah sekolah, misalnya), nanti saya akan kasih tips penggantinya.
2.       Rencanakan jauh-jauh hari
Setidaknya sekitar 1 tahun sampai 6 bulan sebelumnya sudah kita rencanakan. Kenapa? Dengan punya banyak waktu, kita punya banyak pilihan untuk dipelajari sampai bisa dapet pilihan transport/hotel terbaik dengan harga yang terbaik pula. Siapa tau lagi ada promo, kan bisa dimanfaatkan J
3.       Susun budget liburan
Harus! Kalau nggak mau pulang liburan bokek/cash flow terganggu. Kalau kita sudah tau “sasarannya”, mulai deh menghitung total biaya yang dibutuhkan selama liburan, berapa lama lagi akan pergi. Dengan begitu kita akan tau berapa yang harus ditabung setiap bulan sampai dengan sebelum berangkat.
4.       Menabung, menabung, dan menabung!
Ya memang, harus menabung. Kecuali situ udah tajir melintir atau punya pohon duit! Hehehe! Menabung disini jadi siasat kalau memang nggak bisa pergi di luar peak season. Nabungnya dimana? Kalo saya di Reksa Dana Pasar Uang. Kenapa? Karena lumayan ada return-nya yang lebih gede dari tabungan, tidak kena pajak, dan tidak kena biaya keluar-masuk. Lumayan kan?

Walopun 2014 baru saja mulai, saya udah merencanakan liburan 2015. Yaaaa.. karena liburan 2014 sudah direncanakan, tinggal go show aja J
Selamat merencanakan dan pergi liburan yaaaa!

10 December 2013

Backpacker Trip : Mari Kita Coba Lagi!



Ya! Kita mau ke Singapore lagi, pertengahan Januari 2014. Kenapa kesana lagi? Ada beberapa alasan antara lain :
1.       Mau ke South East Asia Aquarium (SEAA) yang ada di Resort World Sentosa. Ini judulnya mengobati rasa penasaran, kayak apa sih dalemnya, sampe kemarin libur Lebaran kudu ngantri 3 jam buat masuk! Hehehe J
2.       Gampang! Kemana2 tinggal naik transportasi umum.. (Gue lebih suka naik MRT daripada naik bis, karena berentinya lebih pasti. Kalo naik bis suka keder.. karena nggak tau patokannya apa kan..)
3.       Banyak tempat yang asik tapi gratisan, misalnya :

    • Water Playground (Vivo City, NEX Mall, Katong Mall, IMM Jurong, Jacob Ballas Children Garden)
    •  Taman-taman keren (seputaran Gardens by The Bay, Singapore Botanic Garden, Marina Barrage)
    •  Tempat nongkrong yang asik (Esplanade, Marina Baysands Promenade, Chinatown)

4.       Kalo lagi dapet tiket pesawat yang murah bangeeettt.. akan menjadi pembenaran : mendingan ke Singapore aja daripada ke Bali :p

Berhubung yang namanya akomodasi di Singapore itu mahaaaall bangeeetttt (walaupun nggak lagi peak season tetep sih, bikin nggak rela harganya), maka trip kali ini akan berlangsung dengan menginap selama 1 malam saja. Karena nginepnya pun cuma semalem saja..makanya bawaannya bisa dipangkas dengan membawa 2 ransel/backpack dan stroller saja! That’s why, tidak perlu menambah biaya untuk beli bagasi lagi!!
Yup, jangan lupakan bocah berumur 2 tahun 2.5 bulan ini.. Senjata pamungkasnya adalah stroller! Karena kan nanti di Singapore banyak pakai transportasi umum & jalan kaki. Singapore juga dikenal stroller friendly banget! Jadi wajib dibawa lah strollernya J

Trus apa aja yang dibawa dengan 2 ransel? Yang jelas setengah ransel untuk bawa keperluan gue & suami, satu setengah ransel lainnya untuk jatahnya si Bocah. So, here is the list what are we packed :

  • Baju ganti (untuk semua, secukupnya aja. Kalo ternyata kurang ya beli aja)
  • Handuk & toilettries Bocah (yg dewasa nggak usah bawa, toh di hotel ada
  • Susu UHT & cemilan secukupnya buat Bocah (sisanya beli disana aja)
  • Dispo bawa secukupnya (8-10 pcs), nggak beli disana, mahal!
  • Payung
  • Kotak makan + sendok + botol air minum Bocah
  • Obat-obatan standar Bocah
  • Digicam + charger + charger HP + powerbank

·         Sepertinya itu aja yang dibawa cukup.. Udah lebih pede soal bawaan karena udah beberapa kali ngajak Bocah jalan-jalan J So, Happy Holiday all!!!
·        
·         


22 September 2013

travelling bersama bayi

Sejak saya kerja pertama kali, memang saya cari kerja yang memungkinkan keluar kota sesering mungkin. Namanya juga hobi yaa.. Padahal saya baru 1-2 kali pergi keluar kota sendirian. Tapi sejak kerja, saya jadi biasa banget dalam 1 bulan, ada di 2-3 kota berbeda, dan hanya 1 minggu kurang berada di Jakarta. Seneng banget rasanya, bisa jalan2 keliling Indonesia. Eh tapi saya biasanya extend kalau pekerjaan sudah selesai. Jadi nggak ada ceritanya lagi kerja malah jalan2 ke tempat wisata :) 

Begitu mau menikah, saya pindah bagian, yang memang tidak menuntut pergi2 keluar kota lagi. Lohh? Iya, namanya juga mau persiapan nikah. Udah pasti ribet dan waktunya gak terlalu panjang. Makanya mending nggak usah keluar2 kota dulu. 

Begitu nikah, baru donk..nekat beli tiket promo kesini sana. Eh sampe akhirnya hamil, padahal udah keburu beli tiket ke Singapore & Vietnam (Ho Chi Minh City). Konsultasi sama dokter, katanya nggak masalah sih kalau mau terbang. Yo wes, dengan kondisi hamil 10 minggu berangkatlah backpacker ke Singapore dan Vietnam. Enak sih, perut belum besar, jadi nggak repot. 

Setelah anak lahir gimana? Kata orang2 kalau mau travelling repot bawa2 anak kecil.. Humm..nggak juga sih! Makanya kami mau mencoba lagi. Dimulai dari si kecil umur 5 bulan, masih full asi, berangkatlah ke Bandung. Cuma 2 hari 1 malam sih. Tapi cukup lah untuk mengetes sejauh mana si bocah senang diajak travelling. Ternyata dia cukup senang kalau diajak jalan. Karena full asi, bawaan jadi nggak terlalu ribet. Cukup 2 travel bag ukuran sedang :) 

Setelah itu..cukup lama nggak pernah travelling. Si Bocah umur 18 bulan, udah bisa makan table food, kita pergi lagi ke Bandung. Iya Bandung lagi. Kali ini, dia udah bisa diajak berendam di kolam air panas di Ciater. Gimana dia? Doyannn!!! Hahaha.. Mana sepanjang jalan di mobil tidur terusss.. Begitu sampai tempat tujuan, seger deh dia. Bosen cuma pergi deket2 aja.. 

20 bulan kita ajak naik pesawat pertama kali. Tujuannya ke Medan. Gimana?? Ternyata sukses pertama kali naik pesawat. Nggak ada rewel sedikit pun! Padahal tadinya kita yang deg-deg-an. Mau beli G***da biar agak nyaman, tapi kok mahal. Akhirnya nekat lah beli L**n aja. Emang sih pas cek in di Cengkareng dan di Polonia amit2 kayak pasar suasananya. Tapi pas di pesawat aman2 aja tuhh.. Nggak ada nangis sedikit pun! Malah Medan-Jakarta cenderung tidur dari pas mulai take-off, landing, sampai baru bangun pas pesawatnya parkir! Hahahaha! Super simple! 

Oke..22 bulan kita menjelajah ke Singapore bersama bocah. Kali ini tanpa Bapaknya. Tapi ada Eyang & Budenya. Gimana? Lancar seperti biasa. Malah mau makan pula di pesawat! Karena ini naik G***da, ada flight entertainment nya, dia seneng sambil nonton. Laluuu.. gimana dengan bawaannya? Setelah berkali-kali pergi, lama2 kita akan tau, mana yang perlu dibawa, mana yang nggak. Kalo anak saya, yang penting bawa cemilan yang dia suka (kalau nggak ada di tempat tujuan, mendingan bawa stok ya), bawa beberapa buku favoritnya + buku gambar dan crayon. Selebihnya sih baju secukupnya ya. Udah kok itu aja :) 

Kalau tujuannya nanti akan lebih banyak naik transportasi publik (seperti di Singapore), bawa stroller membantu sekali. Tapi kalau kayak kemarin ke Medan, dimana kita sewa mobil, maka kita tidak perlu bawa stroller, justru sewa car seat yang penting. Semuanya tergantung usia anak. Asal kita santai, anak juga kebawa santai kok. 

Makanan? Kalau anak sudah table food, nggak soal ya.. Tinggal cari tempat makan yang sekiranya bersih dan ada beberapa menu yang bisa kita pilih untuk si kecil, go ahead! Kebetulan memang mulai 18 bulan saya udah nggak terlalu ketat standar kebersihannya. Maksudnya, yang penting bersih. Udah nggak mutlak harus disteril pake sterilizer. 

Untuk itinerary? Santai aja.. karena ada anak, jadi nggak bisa ambisius dalam 1 hari harus ke 3 tempat. Malah sekarang saya kalau pergi cenderung santai, minimal 3 malam. Jadi mahal donk? Ya pinter2nya aja milih waktu pergi. Sukur2 dapet hotel promo dan tiket pesawat promo. Lagian kalau anak belum 24 bulan, masih dipangku, bayarnya 10% tiket dewasa (walopun sebenernya anak saya udah kegedean kalo dipangku). 

Jadi untuk yang hobi jalan2.. silakan dilanjut, jangan gara2 ada anak jadi males pergi2. Semuanya mudah kalau kita bisa santai. Yah, mungkin ada meleset2 dikit dari rencana, tapi ya diikhlasin aja.. Namanya juga liburan :) Enjoy.. biar anak juga nggak stress!

10 September 2013

tidak punya banyak waktu

Bener???
Kalo yang tinggal di Jakarta, yg katanya macettt.. Kalo nggak bawa kendaraan sendiri kan berarti ada tu waktunya di perjalanan. Mau dipake buat tidur aja? Ya monggo.. Mau dipake buat menghasilkan duit? Ya bisa bangeeettt!!!
Cerita ya.. Dulu saya tinggal di Jakarta. Jaman masih di rumah orang tua, pagi-pagi jam 6 teng kudu udah di jalan. Jadi bangunnnya ya bisa jam 4.30 pagi. Pulang dari kantor kalo teng jam 17.30, ya sukur-sukur bisa sampe rumah jam 19.00. Kalo apes ya bisa aja jam 20.00 baru mendarat di rumah. Kalo dulu sih waktu di perjalanan suka dipake tidur.. Abis berasa kurang muluuu jam tidurnya.
Nahhh sekarang saya sudah terbebas dari kemacetan jakarta sejak pindah ke Serpong 1 tahun lalu. Rumah di Serpong, kerja 10 menit dari rumah (di Serpong juga). Apakah masih kurang tidur? Masih.. Apalagi punya anak balita dan nggak ada ART di rumah.Kelebihan waktu yang biasanya dulu habis di jalan, selain buat mengurus keluarga, juga saya pakai buat menambah penghasilan.
Kenapa waktunya ga dipake buat tidur aja? Ya seiring berjalannya waktu, saya ini manusia yang juga banyak butuh dan banyak maunya... Pengen liburan, pengen beli ini itu, pengen makan enak disini dan disana.. dan masih banyak kebutuhan dan mau lainnya!
Jadi apa donk?
Ya saya ikutan Oriflame deh! Kenapa harus Oriflame? Jujur aja, dari dulu saya pengen banget punya usaha sendiri (tuh kan.. pengen lagi..pengen lagi!). Kenapa? Karena kalau punya usaha sendiri kan fleksible tuh.. ya waktunya..ya pendapatannya (maksudnya kalo rajin, ya pendapatan banyak..kalo males ya pendapatan seadanya, nah fleksibel kan?). Mau mulai usaha sendiri dari nol, kok modal belum ada.. Lagian bingung, gimana mau bagi waktunya ya, sekarang kan saya masih ngantor 9 to 5 (fulltime).
Lagi memikirkan ini dan itu kalo punya usaha sendiri, saya  liat temen kuliah saya.. Dia yang tadinya saya tau kritis dan cerewet terhadap hal-hal yang menurut dia tidak masuk akal (yes, You! You know who You are!), kok mendadak Oriflame-an. Kok bisa yaa? Emang ada apa sih Oriflame ini? Jadilah kami Whatsapp-an berhari-hari.. Sampai pada keputusan, "Oke gue buktiin aja deh omongan lo, I'll join the club!"
Sekarang? Walopun masih di tangga-tangga awal, tapi saya yakin ini bakalan berkembang. Apalagi di kantor belum ada saingan jualan Oriflame. Dan ingat, apapun selalu dimulai dari hal yang kecil dulu.. Nggak ada yang namanya mendadak sekejap langsung besar! Dan semua butuh diusahakan! Nggak ada yang namanya duit jatuh dari langit! Jadi saya yang tadinya skeptis dengan MLM, sekarang saya ada di dalamnya, dan saya akui memang ada MLM yang fair dan tidak. Tapi Oriflame ini, beneran kok fair banget! Yang udah lebih dulu join bukan berarti levelnya pasti lebih tinggi dan bonusnya lebih banyak. Sekali lagi, bisnis ini fleksibel, sesuai dengan kadar usaha kita.. Mau santai? Ya dapet seadanya. Mau giat dan rajin? Ya bisa nyundul, bahkan menyerap bonus si upline nya.
Jadi.. masih bingung-bingung? Gak usah lahh.. Ayoo sini deh, masuk sini, nanti saya kasih tau trik-triknya.
Masih kerja kantoran fulltime? Nggak masalah..
Ibu rumah tangga? Lebih enak lagi jalaninnya..
Masih kuliah? Keren lah, bisa cari duit sendiri..

Yukkk..bergerak dari zona kenyamanan Anda, dan hasilkan sesuatu yang lebih dari yang Anda sudah hasilkan sekarang! Nggak ada ruginya kokkk! 
pic taken from www.empowernetwork.com